Pada hari minggu tanggal 14 April 2019 SMKN 2 mengikuti kompetisi tari tradisonal yang diselenggarakan oleh SMK Pasundan 3 Bandung. Kompetesi ini terbatas hanya diiikuti oleh 10 grup dan diikuti oleh tingkat SMP/SMK/SMA dengan masing-masing grup berjumlah 4-6 orang. Masing-masing grup merupakan perwakilan dari masing-masing sekolah wajib menampilkan tarian dengan durasi maskimal 10 menit dan diwajibkan membawa flashdisk/CD untuk music pengiring.

Kontingen SMKN 2 mengirimkan lima orang siswa yaitu  Ningrum Marwati  dan Tirani Salmaini Zahirah dari kelas XI MM2 dengan wali kelas ibu Lani Widaningsih, Belinda Putri Sabella dan Heni Amaliya dari kelas X TKI 2  dengan wali kelas ibu Ratnawati DN dan Rahayu dari kelas  X TKI 6  dengan wali kelas ibu Susilawati, S.Pd.

Pembimbing ekskul lintas sunda bpk Tifan Muhammad Amrulloh S.Pd  sekaligus guru seni budaya SMKN 2 mengatakan bahwa  mengikuti kegiatan  ini sangat mendadak, anak-anak mempersiapkan  latihan hanya empat hari, persiapan hanya seadanya, ini pertama kalinya ekskul tari mengikut lomba tari karena biasanya hanya acara sekolah maupun luar sekolah itu pun hanya penyambutan atau pertunjukan biasa, kali  ini  ingin membuktikan bahwa  ekskul tari juga bisa mengikuti ajang perlombaan tari, prinsip mau menang atau kalah yang penting sudah ikut berapresiasi dan bisa melihat grup lain sebagai penyemangat, insyaallah kedepannya ekskul tari akan lebih aktif dalam pertunjukan maupun perlombaan tari sebagai upaya meningkatkan sikap bela negara tanpa senjata dengan menjunjung nilai budaya local.

Berkat kegigihan anak-anak bimbingannya, perjuangan bapak Tifan tidak sia-sia. Untuk pertama kalinya pada kompetensi  tari se Kota Bandung SMKN 2 berhasil meraih juara 1. Hadiahnya berupa piala, piagam dan uang pembinaan. “ Alhamdulilah dengan perjuangan serta semangat, saran dan nasehat semua pihat kita bisa mendapatkan juara 1. Semoga ini menjadi awal tombak untuk lebih maju kedepannya, ujar beliau dengan “sumringah”. Harapan pembimbing kedepannya dengan ekskul tari bisa menjunjung tinggi nilai pendidikan karakter karena di dalam seni penuh dengan makna dan simbol yang tersirat, dan diharapkan dengam ekskul seni tari siswa  akan lebih berkembang serta kreatif, inovatif, edukatif, komunikatif dan cinta tanah air.