Pada tanggal 7 April 2019 tim ekskul angklung SMKN 2 Bandung mengikuti acara “GRAND FINAL TORTILLA GO TO SCHOOL” yang berlokasi di Miko Mall Bandung. Acara ini merupakan kelanjutan dari kegiatan tanggal 21 Maret 2019 yaitu  perlombaan battle ekskul yang diselenggarakan  di SMKN 2 Bandung. Hasilnya adalah  ekskul angklung mendapatkan juara 1,  juara 2 dimenangkan oleh teater nol, serta juara 3 didapatkan oleh lintas sunda. Perlombaan tersebut sekaligus ajang gengsi bagi para ekskul, dan juara 1 akan mewakili sekolahnya untuk bertanding di Miko Mall dalam rangka “GRAND FINAL TORTILLA GO TO SCHOOL” . Akhirnya  ekskul angklung berhak mewakili sekolah.  

Siswa SMKN 2 Bandung sedang berlatih mempersiapkan Grand Final Tortilla Go To School

Pada event “GRAND FINAL TORTILLA GO TO SCHOOL” ekskul angklung SMKN 2 Bandung mendapatkan nomor pendaftaran 29.  Acara ini dibuka oleh Ibu Tias, manager TORTILLA FOR BANDUNG.   Perform angklung berkolaborasi bersama eskul teater nol yang sama-sama merupakan eksul SMKN 2 Bandung, mereka membawakan lagu medley 01, yang terdiri dari instrumental sunda, mojang priangan, bohemian rhapsody, akad, dan oplosan. Pada lagu mojang Priangan sampai lagu oplosan, anak- anak teater mengiringi lagunya dengan tarian dan kabaret sehingga membuat penampilan menjadi tidak monoton, sehingga dari 30 sekolah yang mendaftar, SMKN 2 Bandung berhasil meraih juara 1. 

Keberhasilan ini tidak lepas dari peran pelatih yaitu kang Candra Sadewa dalam menggembleng anak-anak selama dua minggu. Kami berlatih pada hari senin, jumat  dan  sabtu, latihanya sampai malam. Pada minggu pertama fokus kami adalah ke arransemen musiknya karena waktu yang disediakan untuk tampil maksimal hanya  5 menit, tapi alhmdullah anak –anak bisa menguasai materi arransemennya dengan cepat. Untuk materinya mencoba menggabungkan beberapa genre musik, sunda, rock, swing, dangdut dengan tema cerita seorang pemuda yang sangat mengidolakan Fredy Mercury dengan ditambahkan adegan romantis di dalamnya. Pada  minggu kedua kami mulai menggabungkan angklung dan teater sebagai bentuk koreo dengan konsep pantomim dan drama, demikian tutur pelatih angklung yang sudah melatih dan membimbing selama 3 tahun pada wadah ekskul angklung SMKN 2 Bandung.

Prestasi sebelumnya mash di tahun yang sama ekskul angklung SMKN 2 Bandung masuk 3 besar pada event battle ekskul STIE EKUITAS Bandung.  Harapan kedepan pembimbing menginginkan agar anak- anak angklung selalu membangun kekompakan, solid, membangun kekeluargaan serta memanfaatkan waktu latihan sebaik mungkin di sela-sela padatnya jadwal kegiatan belajar dan jadwal praktek pada jurusan mesin dan teknik komputer informatika (TKI).