Kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam Tingkat SMK Se- Kota Bandung telah dibuka oleh walikota Bandung, Bpk. Oded M. Danial pada tanggal 2 April 2019. Beliau menyampaikan dalam sambutannya agar kegiatan ini dijadikan sebagai ajang silaturrahim dan ajang kompetensi siswa dalam berkarya sesuai keahliannya/bakatnya. Sehingga dengan kegiatan ini siswa mampu mengaktualisasikan segala kemampuannya. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini akan berlanjut sampai tingkat provinsi, nasional bahkan Asia Tenggara.

Kontingen PAI SMKN 2 Bandung berfoto bersama pembimbing ( Ibu Sinta Lasmini, Bapak Ajang Dedi dan Ibu Rahadian Eva Zaenah) sebelum keberangkatan ke SMKN 13 Bandung

Pada kegiatan ini  terdapat 11 mata lomba yaitu : (1) MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an),  (2) MHQ (Musabaqah Hifdzil Qur’an), (3) kaligrafi, (4) ceramah, (5) debat, (6) cerdas cermat, (7) olimpiade, (8) kreasi busana muslim, (9) nasyid acapella, (10) marawis, dan (11) Adzan). Dari  11  jenis lomba yang diadakan, SMKN 2 hanya mengikuti delapan jenis lomba karena siswa kelas X sedang melakukan kunjungan industri, kelas XI sedang prakerin (praktek kerja industri) dan sebagian kelas XII sedang ujikom (uji kompetensi). Jumlah sekolah yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 54 sekolah. SMKN 2 meraih juara 1 MTQ dan Juara 1 Adzan.

Ibu Shinta dan Pak Ajang Dedi selaku Pembimbing PAI SMKN 2 Bandung

Kegiatan ini akan berlanjut ke tingkat propinsi yang akan diselenggarakan di Kab Sumedang pada tanggal 29 – 30 April 2019, dengan mata lomba: MTQ, MHQ, Kaligrafi,  Cerdas Cermat Islam (CCI),  Olimpiade PAI, nasyid akapela, kreasi busana muslim, debat PAI, dan Marawis. Selanjutnya Ketua MKKS, Bpk M. Lukman (Kepala SMKN 6 Bandung) mengatakan bahwa  lomba keterampilan PAI ini untuk kedepannya  insya Allah akan disatukan dengan lomba-lomba mata pelajaran  yang lain seperti halnya LKS (Lomba Kempetensi Siwa) dengan bidang teknik, olah raga, sains, seni dan Bahasa dengan judul lomba keterampilan siswa.

Ibu Shinta selaku pembimbing mempunyai tujuan mengikutsertakan anak-anak pada kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan ta’aruf dengan peserta dari  sekolah lain, selain itu beliau juga mempunyai harapan jangka pendek dan harapan jangka panjang untuk anak didiknya. Harapan jangka pendeknya agar siswa SMKN 2 Bandung mempunyai wawasan yang lebih, dengan melihat apa saja kegiatan-kegiatan yang  diselenggarakan oleh MGMP PAI Kota Bandung yang diikuti oleh siswa, serta harapan jangka panjangnya semoga setiap tahun  siswa – siswi SMKN 2 Bandung selalu mengikuti lomba ini dan mendapatkan hasil yang terbaik.